Entri Populer

Tuesday, June 18, 2013

MANHAJ DAN MAZHAB



Assalamu ‘alaikum...
Selamat malamsaudaraku...
 
Ketahuilah, bahwa kita dalam menjalankan ibadah, harus sesuai dengan ketentuan ketentuan agama kita, yang di bawa oleh nabi kita yang ajarannya sampai pada kita lewat para sahabatnya dan para pengikutnya   yang setia.
Ingattlah para sahabat nabi adalah para saksi mata, yang menyaksikan hampir keseluruhan dari wahyu, baik yang berupa ayat al qur’an ataupun al hadits. Dan mendengarkan penjelasan langsung tentang cara dan bagaimana wahyu itu di terapkan dalamkehidupan sehari – hari.
Jadi sangatlah tepat, jika kita harus mengambil contoh para sahabat dalam menerapkan ajaran ajaran nabi kita tercinta Muhammad Salallahu ‘alihi wa salam. Itulah generasi terbaik, yang dinyatakan sendiri oleh beliau nabi Muhammad Salallahu ‘alihi wa salam. Bahwa generasi terbaik manusia adalah para sahabatnya, kemudian anak-anak sahabat, kemudian cucu – cucu para sahabat yang tentunya mengikuti para orang tuanya yaitu para sahbat yang mulia, radhiallahu ‘anhu.

Itulah generasi salam, bila di hitung dari tahun kenabian adalah 300 th setelah kenabian, atau setelah beliau Muhammad Salallahu ‘alihi wa salam, di angkat menjadi rasul. Dan termasuklah mereka dalam generasi salaf ke 4 imam mazhab, yaitu imam Malik, imam hanafi, imam syafi’i dan imam Ahmad ibn hanbal rahimahullahu ajma’in.
Inilah ang di sebut manhaj salaf..
Jadi manhaj salaf adalah, pelaksanan ibadah kepada Allah, sesuai dengan pemahaman para sahabat, tbi’in dan tbiut tbi’in.
Kebanyakan orang awam masih kurang paham, bahkan banyak yang tidak tahu tentang manhaj ini, mereka mengira bahwa manhaj sama dengan mazhab. Padahal sangat berbeda jauh . mereka para imam mazhab, adalah satu manhaj, yaitu manhaj slaf atau yang lebih di kenal dengan jama’ah, dan lebih umum lagi sebagai aswaja ( ahli sunnah wal jama’ah ).
Mereka punya ijtihad sendiri tentang fiqh ( pendapat hukum syaria’at yg bersifat furu’iyah ). Dan inilah yang di sebut mazhab. Jadi beberapa orang berlainan  mazhab, tapi bisa satu manhaj, tapi tidak mungkin satu mazhab bila berlainan manhaj.
Di dunia islam, ada beberapa aliran manhaj, namun garis besarnya ada dua, yaitu aswaja ( sunni ) dan syiah. Apabila sunni telah di ketahui seperti paparan di atas. Maka manhaj syiah adalah mereka yang punya pemahaman mengambil syari’at, baik berupa ayat al qur’an ataupun al hadits hanya dari kalangan keluarga nabi Muhammad Salallahu ‘alihi wa salam dari keturuna ali husain bin ali bin abi thalib. Dan menolak dari selainnya. Inilah pokok dasarnya. Sehingga konsekwensinya adalah, perbedaan al qur’an dan hadits, yang dalam hal ini adalah masalah ushul, sehingga tidak bisa di kompromikan.
Demikianlah pemaparan singkatku tentang manhaj dan mazhab semoga bisa menjadi masukan bagi yang belum paham. Dan apabila ada yang lebih pahan atau yang mau menambhkan silahkan di kolom komentar atau mengirimkan ke email saya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

No comments:

Post a Comment