DESKRIPSI
CC205
adalah lokomotif
terberat Kedua setelah CC 202 di Indonesia yaitu 108 ton. Lokomotif ini dibeli untuk
menggantikan beberapa tugas lokomotif CC 202 yang sudah berumur. Dalam hal ini
4 lokomotif CC 202 bisa diganti dengan 2 lokomotif CC 205 Lokomotif ini tiba di
Indonesia
tepatnya di Provinsi Lampung tanggal 2 September 2011, karena lokomotif ini hanya di khususkan
untuk menarik rangkaian kereta pengangkut batubara (Babaranjang) di
Divre III Sumatera Selatan.Lokomotif Lokomotif CC205 adalah lokomotif buatan General Motors, Ontario, Kanada. Lokomotif ini memiliki nomor seri EMD GT38ACe. Artinya adalah: EMD GT38ACe : - G : General Purpose (Untuk segala keperluan) - T : Turbocharger (Dengan turbocharger) - 38 : mesin EMD 710 - 8 silinder (dengan tenaga bisa sampai 3000 HP) - AC : Motor traksi sistem AC-AC
Dengan menggunakan mesin diesel bertipe 8-710G3A , dengan jenis mesin 2 langkah (2 tak)dengan 8 silinder yang sudah dimodifikasi , sehingga tingkat emisi gas buang lebih rendah. Menggunakan sistem rem 26L air brake system
Menggunakan sistem operasi berbasis microprocessor tipe EM2000 yang mengendalikan seluruh fungsi sistem kerja lokomotif. Pengendalian semua komponen yang merupakan subsistem, seperti Motor Diesel, alternator, motor traksi, kompresor, dst. Semua fungsi dan kerja akan direkam dan dapat didownload ke laptop. Sistem juga dapat melakukan self diagnostic bila terjadi gangguan pada lokomotif yang akan direkam dan dapat ditampilkan pada layar monitor, sehingga dapat diketahui penyebab gangguannya.
Mesin Terbaru
Mesin
yang digunakan CC205 adalah tipe mesin terbaru dan terbaik buatan EMD Canada dengan
tipe 8-710G3A. Mesin ini adalah jenis mesin yang sama digunakan di lokomotif
jenis SD60 series, SD70 series, SD80 series, dan SD9043MAC. Mesin ini berbeda
dari mesin EMD 567C, EMD 645E, dan juga GE 7FDL-8 karena mesin ini menggunakan
teknologi terbaru sehingga membuat mesinnya rendah polusi dan kebisingan.
Lokomotif ini bisa menarik lebih dari 30 gerbong.
Profil
Lokomotif CC205
Dimensi
- Lebar
sepur (track gauge): 1067 mm
- Panjang
body: 17678 mm
- Jarak
antara alat perangkai: 18942 mm
- Lebar
badan (body): 2740 mm
- Tinggi
maksimum: 3765 mm
- Jarak
gandar: 3870mm
- Jarak
antar pivot: 10575 mm
- Diameter
roda penggerak: 1067 mm
- Diameter
roda idle: -
- Tinggi
alat perangkai: 759 mm
Berat
- Berat
kosong: -
- Berat
siap: 108 ton
- Berat
adhesi: 108 ton
Motor Diesel
- Tipe:
8-710 G3A, 8 silinder
- Jenis:
2 langkah
- Daya
Mesin: 2250 HP
- Daya
ke generator/converter: 2000 HP
Motor
Traksi/Converter
- Jumlah
motor traksi: 6
- Tipe
motor: A2916-8,arus bolak-balik
- Gear
ratio: 90 : 17
- Tipe
generator: TA12/CA9,arus bolak-balik
Kinerja
- Kecepatan
maksimum: 80 km/jam
- Gaya
tarik maksimum (adhesi): 758 Kn
- Kecepatan
minimum kontinu: 10,5 km/jam
- Jari-jari
lengkung terkecil: 80 m
Kapasitas
- Bahan
bakar: 3800 liter
- Minyak
pelumas: 446 liter
- Air
pendingin: 908 liter
- Pasir:
283 liter
Lain-lain
- Sistem
rem: Udara tekan 26L
- Tipe kompresor: Gardner Denver WBO
gambar dari berbagai sumber.
No comments:
Post a Comment