Lokomotif CC 204 03 06
|
|
Sumber
tenaga
Diesel elektrik |
|
Perusahaan pembuat
|
General Electric Locomotive Indonesia (USA/ID)
|
Model
|
C18Mmi (produksi pertama), C20EMP (produksi kedua)
|
Jumlah diproduksi
|
|
Spesifikasi
|
|
Susunan roda AAR
|
C-C
|
Klasifikasi UIC
|
Co'Co'
|
Lebar trak
|
1.067 mm
|
Panjang
|
14.134 mm
|
Lebar
|
2.642 mm
|
Berat lokomotif
|
88 ton
|
Jenis mesin
|
GE FDL-8T
|
Alternator
|
GMG-146
|
Motor traksi
|
6 × GE 761
|
Kecepatan maksimum
|
120 km/jam
|
Keluaran daya
|
1950 HP
|
Upaya traksi
|
260 kN
|
Lokomotif CC204 merupakan kelas lokomotif diesel-elektrik yang dirakit khusus untuk Indonesia oleh PT. General Electric Lokomotif Indonesia yang merupakan perusahaan kerja sama antara General Electric Transportation dengan Industri Kereta Api Madiun (INKA). Lokomotif kelas ini terbagi menjadi dua seri, yaitu CC204 seri pertama yang merupakan model C18Mmi dengan short hood spartan (seperti CC201), dan CC204 seri kedua yang merupakan model C20EMP dengan hidung aerodinamis (seperti CC203).
Kedua seri sama-sama bergandar Co'Co'. Artinya adalah lokomotif dengan dua bogie, di mana setiap bogie mempunyai tiga poros penggerak yang masing-masing digerakkan oleh motor traksi tersendiri. Lokomotif ini mempunyai komponen komputer Brightstar Sirius yang dikembangkan oleh General Electric sehingga lokomotif jenis ini mampu memitigasi kerusakan sekitar 45 menit sebelum kerusakan itu terjadi. Kini mayoritas lokomotif ini terletak di dipo lokomotif Sidotopo Surabaya (SDT). Lokomotif CC204 08 dan seterusnya dibeli oleh PT. Kereta Api Indonesia senilai Rp 20.000.000.000,00. Lokomotif ini memiliki daya tarik hingga 12 gerbong. Kecepatan maksimal lokomotif ini adalah 120 km/jam.
C18Mmi
Lokomotif CC204 seri pertama adalah lokomotif diesel elektrik model C18Mmi dengan transmisi daya elektrik AC-DC. Lokomotif merupakan hasil rehab dan modernisasi dari lokomotif CC201 yang dilakukan pada tahun 2003 dan 2005.
Ukuran utama, bagian rangka dasar, bogie, dan body sama dengan lokomotif CC201 Generasi 1 . Lokomotif CC204 01 - 07 dialokasikan di dipo induk Jatinegara, Yogyakarta, dan Sidotopo.
Berikut ini adalah daftar lokomotif CC201 yang dimodifikasi menjadi lokomotif CC204:
CC 201 03
menjadi CC 204 01/CC 204 03 01
CC 201 11
menjadi CC 204 02/CC 204 03 02
CC 201 16
menjadi CC 204 03/CC 204 03 03
CC 201 37
menjadi CC 204 04/CC 204 03 04
CC 201 32
menjadi CC 204 05/CC 204 03 05
CC 201 06
menjadi CC 204 06/CC 204 03 06
CC 201 12
menjadi CC 204 07/CC 204 03 07
C20EMP
Lokomotif CC204 seri kedua merupakan lokomotif baru dengan model C20EMP yang mulai dioperasikan sejak tahun 2006. Bentuk kabin lokomotif ini sama dengan bentuk lokomotif CC203. Kode yang digunakan untuk CC204 produksi kedua adalah C20-EMP.
Komponen lain seperti mesin diesel, motor traksi, bogie, dan seterusnya sama dengan lokomotif CC204 sebelumnya.
Alokasi
Sampai saat ini jumlah lokomotif CC204 di Indonesia ialah 37 unit (11 unit di Sumatera Selatan & 26 unit di Jawa) dan belum dipastikan apakah jumlahnya akan bertambah atau tidak. Berikut daftar alokasi lokomotif CC204 saat ini.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/CC_204
Alokasi Lokomotif CC204
|
|
Dipo Induk
|
Lokomotif
|
Jatinegara
|
CC 204 01
(no. baru: CC 204 03 01) & CC
204 02 (no. baru: CC 204 03 02)
|
Yogyakarta
|
CC 204 03
(no. baru: CC 204 03 03), CC 204
04 (no. baru: CC 204 03 04), CC 204 05 (no. baru: CC 204 03 05)
& CC 204 06 (no. baru: CC 204 03 06)
|
Sidotopo
Surabaya
|
CC 204 07
(no. baru: CC 204 03 07)
|
Kertapati,
Palembang |
CC 204 08
(no. baru: CC 204 08 01) - CC 204
37 (no. baru: CC 204 11 17)
|
No comments:
Post a Comment