Entri Populer

Friday, September 28, 2012

JALUR GANDA JAKARTA - SRAGI

Jalur ganda di daerah Tumbal-Sragi
Jalur Ganda Kereta Api sekarang sudah sampai di stasiun Sragi Jawa Tengah. Yaitu terletak pada KM 99 dari Setasiun Poncol Semarang. Sragi adalah Resort 4.5 dari Daop 4 Semarang di PT. KERETAPI INDONESIA.
 
Letak Kota Sragi sendiri di sebelah barat dari kota Pekalongan, atau sebelah timur dari kota Pemalang. Sragi agak jauh dari pantura, jaraknya sekitar 5 KM.
 
Jalur ganda Kereta Api telah di bangun sudah 2 tahun yang lalu, dan baru di operasikan secara penuh pada tanggal 25 September 2012, kemarin.
 
Dengan di aktifkannya jalur ganda tersebut, maka akan semakin sering Kereta Api lewat di daerah tersebut, karena sudah tidak membutuhkan lagi persilangan. Yang sebelumnya sering terjadi persilangan Kereta Api di stasiun Petarukan, Comal dan Sragi. Maka setelah jalur ganda aktif, otomatis Stasiun Petarukan dan Comal tidak ada Kereta yang berhenti bersilang kecuali sesuai jadwal pembeangkatan Kereta, atau istilah terminalnya adalah trayek.
 
Untuk masyarakat sekitar Comal dan Sragi, agar lebih berhati - hati, baik para pengguna jalan yang bersilangan dengan jalur ganda Kereta, atau masyarakat yang bertempat tinggal di sepanjang jalur ganda tersebut. Karena Kereta yang semakin cepat jalannya dan kedatangannya yang tidak di duga-duga. Hal ini agar menjadi perhatian serius kepada para pengguna jalan yang berpalang pintu, yang masih kurang disiplin dengan membuka palang pintu di saat Kereta akan lewat, dan kewaspadaan yang tinggi pada persilangan yang tidak di jaga petugas, seperti di daerah Widodaren, Cibiyuk dan Tumbal.
 
Jalur ganda tidak mengenal sistem giliran, jadi sewktu - waktu Kereta Api akan lewat dan bersilangan di setiap titik jalur ganda tersebut. Jadi sangat rawan kecelakaan, bagi individu yang tidak waspada dan meremehkan jalur ganda.
 
Satu hal yang sangat penting, dan sangat di lupakan oleh masyarakat adalah pengertian STRERIL-nya jalur Kereta Api yang masih sangat - sangat rendah. Masyarakat masih belum sadar sepenuhnya, bahwa sesungguhnya daerah jalur kereta api ( daerah rel dan sekitarnya ) adalah kawasan tertutup bagi umum. Namun masih saja masyarakat yang menganggap daerah tersebut adalah daerah bebas bagi masyarakat untuk beraktifitas.
 
Jalur ganda akan di teruskan lagi ke Pekalongan untuk bulan berikutnya. Dan sekarang sudah di mulai pengerjaan jalur ganda untuk lintas Pekalongan - Semarang. Semoga masyarakat sadar dan menaati apa-apa yang tertera dalam pp no 23 th 2007 tentang perkereta apian, sehingga jalur kereta api, jalur ganda khususnya bisa aman dan tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan di karenakan keteledoran dari masyarakat itu sendiri.
 

No comments:

Post a Comment